Selasa, 03 Agustus 2010

Pertemuan 2 PROBLEMS, PROBLEM SPACES, AND SEARCH

SEMANTIC NETS


Objek tersusun yang paling sederhana adalah semantic nets.yang mula-mula dikembangkan pada awal 1960 untuk menterjemahkan arti dari Bahasa Inggris Semantic Nets adalah suatu terobosan yang penting didalam sejarah karena memperkenalkan ide dari class hirarki dan inheritancE. Semantic Nets terdiri dari lingkaran-lingkaran yang menunjuk objek dan informasi tentang objek-objek tersebut, Objek disini bisa berupa benda atau peristiwa. Antara 2 objek dihubungkan oleh arc yang menunjukan hubungan antar objek.

Salah satu kelebihan dari Semantic Nets adalah kemampuannya untuk mewariskan “ inheritance. Sebagai contoh adalah pada gambar dibawah ini, ada garis yang menghubungkan antara Tono dengan laki-laki dan laki-laki ke makhluk hidup. Sehingga jika ada pertanyaan : Apakah Tono makhluk hidup ? Maka kita bisa menelusuri garis dari makhluk hidup ke laki-laki lalu ke Tono. Dan terbukti bahwa Tono adalah makhluk hidup.



Sistem jaringan semantik selalu tergantung pada jenis masalah yang akan dipecahkan. Jika masalahnya bersifat general, maka akan membutuhkan sedikit penjelasan. Jika ternyata masalah itu melibatkan banyak hal-hal lain, maka di jaringan awal dari jaringan semantik perlu diberikan penjelasan lebih lanjut. Pada gambar diatas menunjukkan rincian dari node awal Tono yang terdapat pada gambar disampingnya. Pada gambar disebelah kiri, terdapat Tono melakukan aktivitas belajar. Dan jika node tersebut ingin diperinci, maka pada gambar di kanan terlihat bahwa Tono melakukan belajar dan terdapat beberapa node lagi yang berhubungan dengan node belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE